Disampaikan kepada mahasiswa Universitas Terbuka Makassar yang ingin mengajukan “Pengguguran Mata Kuliah” silahkan download form dibawah ini :

FORM PENGUGURAN MATA KULIAH


Catatan : Untuk pengguguran mata kuliah harus melampirkan 1 fotocopy Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (LKAM) yang bisa didapatkan di Kantor Universitas Terbuka Makassar. Form diserahkan ke Penanggung jawab wilayah atau datang langsung ke Kantor UPBJJ-UT Makassar.

Bimbingan Tesis Residensial 2

Program Magister PendidikanMatematika(MPMt)

UPBJJ-UT Makassar


btr2

Tanggal 26 Agustus 2015, Unit Program Belajar jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ)-UT Makassar  kembali mengadakan Bimbingan TesisResidensial (BTR II) Program Magister Pendidikan Matematika (MPMt). Kegiatan ini di laksanakan di ruangan tutorial kantor UPBJJ-UT Makassar jalanMongisindi baru No.7, dibuka tepat pukul 08.00 WITA dan diikuti oleh 18 (delapan belas) orang mahasiswa.

Kepala UPBJJ-UT Makassar, Dra. Andi Sylvana sebelum membuka kegiatan ini ,mengharapkan mahasiswa yang mengikuti BTR II untuk menyelesaikan studinya tepat waktu sehingga tidakada lagi mahasiswa yang lewat semester, menghasilkan penelitian yang berkualitas dan tidak mengandung unsur plagiarisme.

Di hadiri oleh 3 (Tiga) orang Pembimbing Prof. Abdul Rahman, Dr. Djadirdan Dr. Muhammad Darwis. Sebagai penyelenggara Bimbingan Tesis Residensial II    (BTR II) Program Magister Pendidikan MatematikaKepala UPBJJ-UT Makassar Dra, AndiSylvana, M.Si dan Penanggung JawabProgram S2 Dra. Ranak Lince, M.Pd. Seluruh mahasiswa Program Magister Pendidikan Matematika mempresentasikan Proposal Tugas Akhir Program Magister (TAPM) masing-masing mahasiswa Program Pascasarjana mengambil judul berkaitan dengan Pendidikan Matematika.

Pelatihan Tutorial Online

     Mahasiswa bidikmisi pokjar Mangkutana Luwu Timur mengkuti Pelatihan Tutorial Online, Pelatihan ini dilaksanakan diKantor UPBJJ-UT Makassar Tanggal 29 Desember 2014 di Ruangan Komputer Kantor UPBJJ-UT Makassar. Pelatihan ini bertujuan agar membantu proses belajar mahasiswa melalui program pembelajaran online.

ok

     Pelatihan ini di awali dengan pengarahan dari Koordinator BBLBA. Drs. Zainal Arifin, M.Pd dalam pengarahannya beliau mengatakan bahwa tutorial merupakan layanan belajar yang sangat penting bagi mahasiswa dan salah satu bentuk tutorial yang ditawarkan oleh UT kepada mahasiswa adalah tutorial elektornik disingkat Tuton. Tuton sangat mudah diakses ke internet, sehingga walaupun mahasiswa tinggal di Kabupaten yang sangat terpencil tetapi mempunyai jaringan internet pasti bisa mengakses tuton.

     Dalam pelatihan ini, mahasiswa diberikan penjelasan tentang cara melakukan aktivasi tuton membuka email balasan dari Admin-UT, mempelajari inisiasi, menerima tugas dan berdiskusi dalam Tuton dengan teman yanmg mengam,bil mata kuliah tsb. Mahasiswa dibimbing langsung oleh Staf Akademik Fakultas Ekonomi UPBJJ-UT Makassar , Risna Shari, SE,MM.

 

 

Sosprom UT di Ponpes Muslimat Hidayatullah Sulawesi Selatan

 

      Kegiatan Sosprom (Sosialisasi dan Promosi) UT pada hari Sabtu tanggal 03 Januari 2015 bertempat di Kampus Amkop Makassar berlangsung. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pelatihan dan workshop pendidikan PAUD se-Indonesia Timur yang dilaksanakan di kampus Amkop Makassar sehingga moment ini dimanfaatkan oleh UPBJJ-UT Makassar untuk mensosialisasikan Program S1-PGPAUD Masukan Sarjana yang baru akan dilauncing pada masa registrasi 2015.1. Namun pada kesempatan ini juga disampaikan program UT secara umum dan program S1-PGSD BI (Bidang Ilmu).

OK

      Sosprom UT ini dihadiri oleh 35 peserta yang berasal dari guru PAUD Wilayah Indonesia Timur dan diketuai oleh Ibu Husnia selaku PW. Muslimat Hidayatullah Sulawesi Selatan. Sosprom ini dibawakan  oleh Kepala UPBJJ-UT Makassar, Andi Sylvana, SE., M. Si dan didampingi oleh  Dosen UPBJJ-UT Makassar Dra.Husnaeni, M. Pd. Kepala UPBJJ-UT Makassar menyampaikan materi tentang Program UT secara umum dan Program S1-PGPAUD Masukan Sarjana, sedangkan Dra. Husnaeni M.Pd menyampaikan materi Program SI PGSD BI. Acara sosialisasi ini diakhiri dengan tanya jawab anatar pemateri dengan peserta yang selanjutnya diadakan foto bersama.                                                 

 

ABDIMAS MANDIRI DOSEN UPBJJ-UT MAKASSAR

Sebanyak 25 orang dosen UPBJJ-UT Makassar pada Tahun 2014 ini melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat secara mandiri di Kelurahan Tekolabbua Kabupaten Pangkep. Hal tersebut sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memelihara tanaman mangrove yang telah dibiayai oleh LPPM UT pada tahun 2012. Bentuk kegiatan adalah melakukan penyulaman dan pemagaran terhadap tanaman mangrove abdimas LPPM UT 2012. Abdimas yang dilakukan secara swadana oleh 25 orang dosen UPB-UT Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak sebanyak 3 tahap.

Mangrove

 

Pada tahap I dilakukan pemantauan pada bulan Maret 2014, terhadap tanaman abdimas LPPM UT 2012. Tahap II dilakukan penanaman mangrove sebanyak 3000 pohon pada tanggal 16 Oktober 2014. Selebihnya sebanyak 3000 pohon dilakukan oleh kelompok tani nelayan mandiri. Yang dilanjutkan dengan pemagaran tanaman pada bagian luar. Pada Tahap III adalah monitoring terhadap tanaman yang dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2014. Dari hasil monitoring pada tanggal 21 desember 2014, akan dilakukan penyulaman sekitar 200 pohon lagi oleh Kelompok Tani Nelayan Mandiri Kelurahan Tekolabbua.


BERITA TERBARU


Universitas Terbuka Pokjar Jeneponto Mulai Kuliah Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka Pokjar Jeneponto Mulai Kuliah Tutorial Tatap Muka 2019-09-29 -   Universitas Terbuka Pokjar Jeneponto Mulai Kuliah Tutorial Tatap Muka   Universitas Terbuka (UT) Pokjar Jeneponto memulai kuliah Tutorial Tatap Muka (TTM) tahun 2019 di SMKN 8 Jen...
UT-Makassar Kunjungi BKD Kab. Bantaeng UT-Makassar Kunjungi BKD Kab. Bantaeng 2019-09-23 - UT - Makassar Kunjungi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bantaeng     Badan Kepegawaian Daerah  (BKD) Kabupaten Bantaeng mengapresiasi keberadaan Universitas Terbuka (UT...
Daftar Yudisium Periode 1 Tahap 1 Masa 2019.2 2019-09-18 - Berikut ini kami Lampirkan Daftar Yudisium Periode 1 Tahap 1 Masa 2019.2 Universitas Terbuka Makassar, Silahkan klik tautan di bawah ini : Download File
UT Makassar gelar pembekalan Tutor Tatap Muka 2019 UT  Makassar gelar pembekalan Tutor Tatap Muka 2019 2019-09-14 - UT  Makassar gelar pembekalan Tutor Tatap Muka 2019   Sebanyak 101 tutor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UT) Makassar  mengikuti pembekalan Tutorial Tatap Muka ...
KETIKA PkM DOSEN DI KAB. TAKALAR KETIKA PkM DOSEN DI KAB. TAKALAR 2019-09-05 - KETIKA PkM DOSEN DI KAB. TAKALAR     MOMENTUM PkM Dosen UPBJJ UT Makassar mengispirasi dua kreativitas yang berbeda. Di Madrasah Aliyah Manongkoki para siswa dipacu daya kreasinya m...

PENGUMUMAN

Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Pascasarjana 02 September - 02 Oktober 2019. Terimakasih


CETAK KARTU UJIAN

KTPU PENDAS KTPU NON PENDAS

MEDIA SOSIAL UT MAKASSAR

twitter-icon

facebook-icon google plus   Instagram icon

PETA UT MAKASSAR